arsitektur byzantium

BYZANTIUM




pada tahun 667 SM dan dinamai menurut nama Raja mereka Byzas atau Byzantas (Bahasa Yunani: Βύζας atau Βύζαντας). Nama "Byzantium" merupakan Latinisasi dari nama asli kota tersebut Byzantion. Kekaisaran Bizantium atau sering dikenal dengan Kekaisaran Romawi Timur. Bahkan sering disebut kekaisaran Romawi, oleh penduduk dan negara-negara tetangganya. Byzantium Berpusat di ibukota konstantinopel. Byzantium merupakan sebuah kota yunani kuno. Byzantium termasuk bagian dan timur Eropa Selatan, Timur Tengah , dan Afrika utara. Dan diperintah langsung oleh kaisar romawi kuno.
Pada abad pertengahan atau tepatnya pada 330 SM konstatinus I menjadikan kostantinopel sebagai ibukota. Yang merupakan sebagai pusat dari administrasinya. Dan konstatinus merupakan kaisar Kristen pertama. Dibawah kekuasaanya Kristen menjadi karakteristik dari kekaisaran romawi timur.

Peristiwa penting yang mendefinisikan Kekaisaran Romawi/Bizantine adalah Pertempuran Adrianopel. pada 378. Kekalahan ini, bersama dengan meninggalnya Kaisar Valens, merupakan salah satu tanggal untuk pembagian dunia kuno dan pertengahan. Kekaisaran Roma terbagi lebih jauh oleh pelanjut Valen Theodosius I yang memerintah pada 392. Pada 395 dia membagi dua bagian kepada dua anaknya Arcadius dan Honorius; Arcadius menjadi penguasa Timur, dengan ibu kota di Konstantinopel, dan Honorius menjadi penguasa di barat, dengan ibu kotanya di Ravenna. Pada saat ini biasa untuk memanggil Kekaisaran ini sebagai "Romawi Timur" dari pada "Bizantin"/"Bizantium".
Pada 527 M Iustinianus I menjadi kaisar mengantikan konstatinus I.
532-537 Iustinianus membangun gereja Hagia Sophia (Αγία Σοφία/Kebijaksanaan Suci)..
Pada 29 mei tahun 1453 Bangsa Ottoman Turki merebut Konstantinopel. Dan itulah akhir dari Kekaisaran Romawi Timur. Setelah jatuh ketangan ottoman turki, ia menjadi kerajaan yang sangat kuat diberi nama kerajaan Ottoman. Setelah itu entah sejak kapan tidak diketahui bangsa ottoman menyebut turki sebagai Istanbul.

Arsitektur Bizantium

sekarang kita akan mengulas tentang arsitektur bizantium. arsitektur Bizantium adalah arsitektur dari Kekaisaran Bizantium. Dan bisa dilihat sejarahnya diatas yang telah kita bahas. Kekaisaran secara bertahap muncul sebagai entitas seni dan budaya yang berbeda dari apa yang sekarang disebut sebagai Kekaisaran Romawi yang terus berkembang pada Konstantinopel dan sekarang disebut Istanbul. Kekaisaran bertahan selama lebih dari satu milenium , secara dramatis mempengaruhi Abad Pertengahan dan Renaisance era arsitektur di Eropa dan, setelah penangkapan Konstantinopel oleh Turki Utsmani pada tahun 1453, memimpin langsung ke arsitektur kekaisaran ottoman .
Arsitektur byzantium memiliki pengaruh yang besar dari kekristenan. Dan byzantium merupakan lanjutan dari arsitektur romawi. Dan dari kemajuan teknologi serta politik dan perubahan teritorial munculah gaya timur secara bertahap. Dalam rencana pembuatan gereja mereka mulai mengunakan salib yunani. Bahkan mosaik diganti sebagai hiasan ukiran. Kubah besar ditumpu diatas tiang-tiang. Dan untuk cahaya, jendela dibuat seperti saringan cahaya melalui lembaran tipis alabaster sehinga interiornya terkesan lembut.




a. Gereja ideal byzantium
meskipun terdapat dua gereja byzantium yang tidak sama, kami dapat berbicara tentang model " ideal" pada gaya ini. sifat nya termasuk rencana pusat dan pendentive kubah, bersama-sama dengan aspek struktur, menerangi, dan menghiasi.
b. Rencana
sedangkan paling bangunan mempersiapkan terus poros horisontal ( basilika orang-orang roma, untuk contoh) mengundang pengunjung beredar melalui angkasa nya dan sangat rajin pengalaman bentuk nya, di pusat - struktur rencana poros menaik menjauh dari dia meninggalkan tidak mungkin partisipasi giat kecuali dengan lemah mengelilingi poros pusat. sementara cenderung ini untuk;menjadi benar memusatkan membangun, efek penuh nya bergantung di bentuk khusus mengambil oleh memusatkan impul. di paling gereja byzantium, memusatkan sangat setia membangun persegi (atau menurunkan dari squared. isi kubik mawar itu di atas ini menyediakan kejernihan fungsional.

c. Kubah
Kubah. Pusat inti Kubik gereja byzantium dibentuk bagian integral lebih besar termasuk struktur dukungan. tanpa alternatip volume kwadrat tembok laut, angkasa pusat mengumandang menciptakan keakuran sempurna angkasa dan struktur, yang lagi, dalam nya kesederhanaan kaku, mencapai swa menghapus karakter. tetapi ini kubah gereja itu banyak dengan mahir melengkapi sangat setia tentang ruang angkasa kubik.






d. AWAL arsitektur
Contoh awal masa kejayaan arsitektur di Byzantium, pada masa konstatinopel terdapat gereja Hagia Sophia yang dibangun pada masa kekaisaran Iustinianus. Gereja tersebut merupakan salah satu terobosan terbesar dalam sejarah Arsitektur barat.yang dibangun oleh Justinian, ia meciptakan sebuah sistem yang kompleks menyediakan untuk transisi dari rencana persegi gereja untuk sebuah kubah ½ lingkaran yang digunakan untuk penyimpanan benda suci. ) atas pertolongan squinche atau pendentive.

Beberapa bangunan pada masa Byzantium :
HAGIA SOPHIA, merupakan terobosan terbesar yang ada diarsitektur barat. jika disana ada satu pekerjaan untuk mewujudkan contoh byzantium itu sebagai model yang ideal. Lebar gereja mencapai 305 meter dan tinggi ± 548 meter, dengan sekeliling dinding yang dihias mosaic warna warni serta cemerlang keemasan. Hagia Sophia merupakan gereja yang menakjubkan dan mengangumkan dalam jangka waktu 5 tahun. hagia sofia berasal dari bahasa yunani yang artinya “kebijakan suci”, bangunan ini terletak di Istanbul, Turki. Arsitek (pada zaman Yustinianus) adalah Isodorus dari Miletus dan Anthemius dari Tralles. Mulanya bangunan ini berupa gereja lalu akibat gempa bumi, kubah pertama runtuh dan kubah penggantinya pun harus diperbaiki karena runtuh Bangunan ini menggabungkan antara Basilika longitudinal dengan bentuk bangunan terpusat, dengan kubah utama besar yang ditopang oleh pendentive dan semikubah di kedua sisinya.karena itulah direnovasi dengan mnghilangkan bagian-bagian yang berhias gambar makhluk hidup berubahlah menjadi sebuah MESJID. Dan saat ini Hangia Sofia berubah kembali menjadi sebuah MUSEUM.





Hagia irene di konstatinopel contoh hebat awal byzantium architecture dunia. struktur termasuk reruntuhan istana besar konstatinopel, dinding inovatif constantinople (dengan 192 menara) dan tangki air basilika (dengan beratus-ratus mendaur ulang tiang rumah klasikal). dekorasi di ostrogothic istana di ravenna melukiskan awal istana byzantium.




e. warisan byzantium

arsitektur byzantium di barat mengalahkan gaya arsitektur roma dan arsitektur gotik.
Gaya timur ini mempengaruhi awal arsitektur islam, dengan contoh terkemuka termasuk umayyad mesjid besar damascus dan kubah batu di jerusalem, dan diperlukan pekerja tangan byzantium dan mosaik untuk menghiasinya. pola geometris, kelipatan busur, kubah, dan polychrome batubata dan batu bekerja itu menggambarkan islam dan gaya bangunan moroislam dipengaruhi sampai taraf tertentu dengan arsitektur byzantium.
di bulgaria, rusia, rumania, serbia, georgia, ukraine, dan negara ortodoks lain arsitektur byzantium terbawa-bawa bahkan lebih panjang, akhirnya memberikan kelahiran lokal sekolah arsitektur.



Sumber :

http://1.bp.blogspot.com/
www.google.com
www.mlahanas.de
http://id.wikipedia.org/wiki/byzantium


http://architecturoby.blogspot.com/2010/01/arsitektur-byzantium.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

museum geologi bandung

Vihara Buddhagaya Watugong